Jumat, 20 September 2019

PENTINGNYA FINTECH BAGI MASYARAKAT


Seiring perkembangan zaman, kebutuhan setiap orang pun begitu banyak. Sementara lapangan kerja semakin sulit dan sedikit jumlahnya. Sehingga tak jarang banyak orang mengambil jalan pintas untuk mendapatkan uang dengan meminjam uang di Bank Keliling atau Pinjaman Online ilegal yang bunganya sangat tinggi. Selain menjerat pinjaman online ilegal juga membuat citra si peminjam menjadi buruk dimata teman dan kerabat, karena mereka akan menelpon kerabat atau teman si peminjam dan menceritakan kalau si peminjam mempunyai pinjaman yang harus dibayar  secepatnya.



Karena itulah melihat kebutuhan dari mahasiswa sehari-hari dan dengan kecepatan tehknologi yang semakin maju maka Universitas Pakuan Bogor bekerjasama dengan Fintech Media menggelar talkshow dengan tema Peranan Fintech Di Dunia Pendidikan Dan Wirausaha, yang diadakan dikampus Universitas Pakuan Bogor Kamis 19 September 2019.
Kegiatan ini diikuti oleh 502 peserta dari semua Fakultas yang ada di Universitas Pakuan. Acara ini jg diharapkan agar mahasiswa tidak terjerat kejahatan simpan pinjam ilegal, dimana saat ini fintech yang sudah terdaftar di ojk atau legal berjumlah 127 flatform dan 1000 flatform yang masih ilegal.


Talk show ini diisi para pembicara diantaranya Mariam F Barata Direktur Tata Kelola Aplikasi  Informatika Kemkominfo, Entjik S Djafar Ketua Edukasi Riset dan Literasi dari AFPI, Praktisi Hukum Universitas Pakuan Agus Satory, Pimpinan flatform Fintech yaitu Wisnu Saputra selaku Manager Digital Sales & Marketing dari Caswagon dan Anis Radiani dari CEO FINEOZ .
Caswagon adalah perusahaan keuangan berbasis tehknologi di Indonesia yang terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang fokus pada pembiayaan konsumen secara online. Caswagon menyediakan layanan keuangan premium yang sederhana, cerdas, dan terjangkau untuk masyarakat Indonesia dari usia 22-60 th yang mempunyai penghasilan tetap untuk  kebutuhan sehari-hari tanpa persyaratan jaminan, prosedur pengajuan yang rumit atau waktu tunggu yg lama. Tidak kurang dari 1 jam dan di proses secara online.
Cashwagon merupakan platform fintech online P2P lending legal yang mempertemukan pendana dan peminjam secara online. Caswagon sangat transparan, efisien dan menawarkan lebih banyak nilai kepada pelanggan dengan cara menghilangkan perantara mahal seperti yang dilakukan lembaga keuangan. Cashwagon juga merupakan solusi dalam bidang keuangan yang bertujuan menjangkau segmen-segmen baru yang tidak tersentuh oleh bank.
Selain diawasi oleh OJK cashwagon juga dapat memberikan kemudahan kepada peminjam untuk mempergunakan dana pinjaman sesuai dengan kebutuhan misalnya untuk biaya pendidikan, modal usaha, atau pendidikan.
Menurut Bapak Wisnu Saputra selaku Manager Digital Sales Marketing Caswagon, caswagon sudah menyalurkan pembiayaan untuk dana pendidikan kepada 1150 orang.

Dalam bidang pendidikan misalnya  fintech memberikan pinjaman dengan bunga rendah untuk para mahasiswa yang membutuhkan atau kiriman orangtua telat, begitu pun dengan wirausaha fintech memberikan pinjaman kepada masyarakat yang ingin membuka usaha atau mengembangkan usahanya  agar lebih maju lagi.
Fineoz adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Credit Risk Solution berbasis Artificial Intelegence. menurut CEO Fineoz Anis Radianis, peranan Artificial Inteligence dalam sektor Financial Service dapat membantu perusahaan agar dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat. Dengan bantuan Artificial Inteligence dapat membantu proses analisis data yang dilakukan menjadi lebih efektif, efisien serta akurat.

Masyarakat harus lebih jeli dalam memilih lembaga fintech. Menurut Bpk Entjik S Djafar kalau mau pinjam cek dulu di Ojk atau AFPI apakah sudah terdaftar atau belum. Kalau menerima sms tapi tidak pernah registrasi itu namanya ilegal dan bisa dilaporkan ke pihak berwajib.
Ibu Mariam F Barata dari Kementrian Kemeninfo juga menambahkan kalau terjadi penipuan, pencemaran nama baik bisa dilaporkan kepada pihak berwajib.
Sekarang sudah tahu kan mana pinjaman online yang resmi mana yang tidak, jadi sekarang jangan salah pilih, pilihlah yang resmi dan terjamin agar aman. Untuk informasi lebih jelasnya bisa juga membuka https://p2p.cashwagon.id.










7 komentar:

  1. Memang benar, masyarakat harus lebih jeli untuk memilih lembaga fintech

    BalasHapus
  2. Untung cashwagon udah ada dalam pengawasan OJK ya, jadi lebih terjamin keamanannya kak

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah coba pinjaman online, baik yg resmi atau yg tidak. Takut masalah bunganya.

    BalasHapus
  4. Talkshow seperti ini yg dpt mengedukasi masyarakat ya biar tidak terjebak ke pinjaman online ilegal

    BalasHapus
  5. Memang kita harus jeli sama Fintech yang ada di Indonesia, jangan sampai kita terjerat sama hutang yang dapat merugikan diri sendiri

    BalasHapus
  6. Platform online P2P Caswagon sangat transparan, dan pengajuan cuma 40 menit uang sudah cair, karena menggunakan AI big data, credit scoring dan automasi memberikan sistem yang sangat effisien.

    BalasHapus
  7. Pinjaman online membantu kita tapi juga kita harus tahu Apakah pinjaman online itu terdaftar di OJK

    BalasHapus