Minggu, 21 Juli 2019

MENGENAL LEBIH DEKAT FINTECH ADAKITA DAN MANFAATNYA BAGI MASYARAKAT



Melihat kemajuan Teknologi Informasi di era digital dan pertumbuhan yang cukup signifikan pada industri sektor jasa keuangan di Indonesia serta antusiasme masyarakat yang cukup tinggi, membuat ekosistem financial technology atau Fintech bersama Pemerintah Kabupaten Purwakarta perlu mengadakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai apa dan bagaimana fintech itu. Melalui Dinas Pemuda , Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) Pemerintah Kabupaten Purwakarta menggelar acara bertajuk "Fintektok : Pengenalan Fintek dan Manfaatnya Bagi Masyarakat" bertempat di Gedung Disporaparbud Purwakarta pada tanggal 19 Juli 2019. Acara ini juga disiarkan secara live di berbagai media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Acara yang berformat talkshow ini diadakan dengan menggandeng FintekMedia.id, Portal Informasi Fintek Indonesia dan mengundang berbagai elemen masyarakat di Purwakarta , mulai dari pelajar, mahasiswa, pemuda, dan organisasi kemasyarakatan. Acara yang terbuka untuk umum ini menghadirkan nara sumber dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pelaku Fintech di Indonesia diantaranya Luna Amirahdya dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asri Anjasari dari Caswagon atau PT. Kaswagon Indonesia, Reggy Sinaga dari PT. Unikas Indonesia Pasifik, Aden Budi dari Modal Antara. Turut serta diacara ini juga berbagai perusahaan Fintech dan keuangan seperti Cashwagon, AdaKita, PasarPinjam, LumbungDana, Modal Antara, Narada asset managemnent dan Emergenetics Indonesia.

Banyak sekali muncul berbagai aplikasi keuangan pinjaman online mulai dari yang legal,  tetapi sayangnya masih banyak masyarakat yang belum tahu apa itu.financial teknologi atau fintech. Untuk itu salah satu platform Peer to Peer Lending legal di Indonesia AdaKita turut andil dalam memberikan pengetahuan apa itu fintech dan manfaatnya bagi masyarakat dengan mengikuti sosialisasi dan edukasi Fintech kepada masyarakat yang diadakan oleh Fintek Media.

Pengertian Fintech sendiri adalah Financial Technology yaitu penggunaan teknologi keuangan yang inovatif dan kreatif untuk merancang dan memberikan produk dan layanan keuangan secara efisien. Gagasan utama fintech adalah membuat layanan keuangan lebih baik bagi pelanggan akhir (konsumen). Penggunaan teknologi memungkinkan perusahaan rintisan (startup) bersaing dengan organisasi keuangan dengan memberikan solusi cepat dan mudah sebagian besar murah, untuk semua kebutuhan di pasar keuangan seperti pembayaran, investasi, pendanaan, perbankan digital dan masih banyak lagi. Selain lebih praktis dan efektif fintech juga membantu masyarakat untuk lebih mudah mendapatkan akses terhadap produk keuangan.

Keberadaan Fintech sangat mempengaruhi gaya hidup masyarakat ekonomi. beberapa manfaat adanya Fintech dilingkungan masyarakat yaitu :
1. Membantu perkembangan baru dibidang startup teknologi yang tengah menjamur. Hal ini dapat membantu perluasan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi
2. Meningkatkan taraf hidup masyarakat , Fintech dapat menjangkau masyarakat yang tidak dapat dijangkau oleh perbankkan.
3. Meningkatkan perkembangan aplikasi Bitcoin (uang elektronik), meskipun tidak memiliki akun bank pengguna Bitcoin dapat dengan mudah bertransaksi dan praktis.
4. Meningkatkan ekonomi, kemudahan yang ditawarkan fintech dapat meningkatkan penjualan e-commerce
5. Penurunan bunga pinjaman, dengan transparasi Fintech peminjam dana tidak perlu takut terjerumus dengan bunga tinggi para lintah darat.

Salah satu nara sumber dari AdaKita Reggy Sinaga memaparkan bahwa "Untuk meminjam di Fintech tidak perlu survei, tidak perluy jaminan, tidak perlu dokumen fisik dan waktu pinjaman lebih cepat. AdaKita termasuk Fintech P2P Lending legal  yang terdaftar dan diawasi oleh OJK sejak 1 Februari 2019, jadi bisa bertransaksi di flatfrom AdaKita dengan aman, caranya bisa mendaftar sebagai borrower (peminjam dana) atau ingin menambah pasif income dengan mendaftar sebagai lender (pendana).
Sesuai visi misi AdaKita memberikan layanan yang maksimal dengan tujuan memberikan kepuasaan dan kesejahteraan bagi Masyarakat, untuk itu AdaKita menawarkan produk khusus UMKM, karena platfrom ini melihat banyak sekali UMKM di Indonesia yang belum tersentuh oleh Bank, untuk itu produk yang ditawarkan ada produk pinjaman khusus UMKM, pertanian, perikanan, pendidikan, pengobatan dan renovasi rumah.


Hingga saat ini perusahaan fintech yang terdaftarada 113 Fintech dengan berbagai jenis produk pinjaman mulai dari pinjaman konsumtif hingga produktif.
Talkshow Fintektok ini merupakan bagian dari perayaan Ulang Tahun ke-51 Kabupaten Purwakarta.
Selain talkshow fintech, juga digelar di tempat yang sama Seminar Pemuda Berprestasi Purwakarta, yang menghadirkan pemuda-pemuda sukses dari Purwakarta.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 400 orang ini didukung penuh oleh OJK dan Asosiasi Fintech Pendanaan bersama Indonesia (AFPI) ini bertujuan memberikan edukasi dan sosialisasi khususnya kepada masyarakat Purwakarta mengenai perkembangan teknologi di bidang keuangan , produk-produknya dan bagaimana prakteknya di masyarakat.
Finetektok adalah brand event dari Fintek Media yang rutin diadakan di berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Purwakarta, Bogor, Semarang, Lombok, Bali hingga Makasar. Hingga saat ini event Fintektok sudah memasuki gelaran ke-8.  



















48 komentar:

  1. Termasuk Aku nih , baru tau APA itu fintech setelah baca artikel kaka

    BalasHapus
  2. Asal terdaftar di OJK dan bisa lebih bijak menyikapi fintech zaman now ya :)
    Sebisa mungkin buat yang memang butuh banget

    BalasHapus
  3. Dari namanya saja (AdaKita), nampak kalau fintech ini siap memberi bantuan.

    Semoga bisa dipercaya oleh masyarakat.

    BalasHapus
  4. Fintech ini masih terasa asing di telinga aku mba. aku harus banyak banyak menggali informasi tentang fintech ini sepertinya menarik :)

    BalasHapus
  5. Wah seru banget sih acara nya.. ini pasti dapet pengetahuan baru juga ya..

    BalasHapus
  6. Dengan adanya edukasi dan sosialisasi khususnya kepada masyarakat Purwakarta mengenai perkembangan teknologi di bidang keuangan , produk-produknya dan bagaimana prakteknya di masyarakat tentu akan bermanfaat sekali ya mbak

    BalasHapus
  7. Fintech ini dapat jadi alernatif pembiayaan di luar bank gitu gak sih? Soalnya saya baru dengar. Tapi bicara soal uang eletronik memang lagi hits dan menjamu di mana mana...

    BalasHapus
  8. baru tau aku tentang fintech ini.. jadi nambah informasi, thanks kak tulisannya bermanfaat banget

    BalasHapus
  9. kalau sudah diawasi OJk Aman ya mba.. Insha Allah

    BalasHapus
  10. Aku pernah ikut seminar tentang Fintech yang diselenggarakan oleh Keminfo dan OJk, Fintech itu luas banget tapi yg lebih dikenal ya Pinjol (pinjaman online) sampai sekarang baru 99 yg terdaftar lainnya ilegal.

    BalasHapus
  11. Ditunggu di Medan nih acaranya biar rata semua orag tahu tentang Finetektok.

    BalasHapus
  12. Aku baru tahu ada fintech semacam ini juga. Semoga pertumbuhan fintech bisa membantu mereka yang ada di usaha mikro yah 😊

    BalasHapus
  13. wah aku baru tau nih ada finntech, bermanfaat banget jadi tau yang mana aplikasi pinjaman yang trusted dan yang engga

    BalasHapus
  14. Saat ini banya ya aplikasi pinjaman online ini , memabntu sih tapi tetap bijak dalam penggunaanya biar tidak masalah dikemudian hari.

    BalasHapus
  15. Aku jadi lebih mengerti nih arti dari fintech itu sendiri, dan sangat bermanfaat juga ya buat finansial

    BalasHapus
  16. Nah, bagus banget itu, penurunan suku bunga pinjaman. Fintech berarti mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia kalau gitu...

    BalasHapus
  17. Wah, semakin banyak saja ya kemudahan yang didapat di era digital ini. Termasuk kemudahan di bidang keuangan. Semoga kita bisa memanfaatkan dengan bijak...tfs...

    BalasHapus
  18. Semakin banyak ya fintech saat ini dan memudahkan banget buat pelaku usaha gitu

    BalasHapus
  19. Jadi penasaran banget secara aku tertarik keunggulan FinTech yang ini "Penurunan bunga pinjaman, dengan transparasi Fintech peminjam dana tidak perlu takut terjerumus dengan bunga tinggi para lintah darat" secara kalau pinjem2 gitu pasti BUNGANYA buanyak banget bukannya bikin tambah kaya tapi malah melarat kalau bunganya kebanyakan 😁😁

    BalasHapus
  20. Saya selalu yakin, kehadiran sesuatu itu bermanfaat bagi masyarat, termasuk hadirnya FinTech ini. Dan sangat bagus ada sosialisasi dari pemerintah setempat kepada masayaratnya. jadi masyarat paham soal Fintech ini dan memanfaatkan secara bijak.
    Terima kasih sharingnya, Mbak Yessi.

    BalasHapus
  21. wah baru tau kalau ada yang beginian hihi maaf kudet aku tuh, tp tau sih masalah bitcoin bikinan anak negeri

    BalasHapus
  22. Wah acaranya pasti seru & dpt banyak ilmu2 baru ya ka seneng deh

    BalasHapus
  23. UMKM memang harus update tentang perkembangan finansial teknologi.Gak harus ikut main tapi setidaknya tau lah apa itu fin tek dan apa kelebihan dan kekurangannya

    BalasHapus
  24. Fintech di satu sisi memudahkan. Apalagi di era digital begini. Tetapi, memang harus hati-hati jangan sampai terjebak fintech abal-abal. Memang harus baca tulisan-tulisan seperti ini dulu untuk cari referensi

    BalasHapus
  25. acara macam talkshow seperti ini bagus ya buat nambah pengetahuan. Nggak cuma pelajar sich sebetulnya, buat ibu-ibupun juga bagus

    BalasHapus
  26. Kawanku mendirikan fintech Tani Group. Asik banget kita melakukan pembiayaan nolong petani di sana.

    BalasHapus
  27. Kalau fintek memang kita perlu teliti dlu terdaftar gak di OJK agar data2 kita aman trus nyaman kalo mau pinjem

    BalasHapus
  28. Kehadiran fintech ini di satu sisi memudahkan banget buat yang lagi btuh uang banget ya, tapi di satu sisi jgn sampai terlena apalagi terjerat utang yang mungkin bunganya mencekik. Makanya kalau mau melakukan pinjaman di fintech lakukan saat bener2 butuh dan pastikan udah terdaftar di OJK dan cek kredibilitasnya

    BalasHapus
  29. Ngomongiin bitcoon, jadi kangen main bitcoin lagi.. lama rasanya udah menjauh dari itu karena jarang yang menggunakan transaksi pake bitcoin.

    Makasih infonya kak

    BalasHapus
  30. Masyarakat memang harus bener-bener tahu dulu apa itu Fintech. Jangan sampai main pinjam saja tapi belum mengenal. Kehati-hatian seputar Fintech ini mutlak karena banyaknya platform ilegal.

    BalasHapus
  31. Antara harus sedih dan senang. Kadang aku sedih ketika meminjam semakin mudah

    BalasHapus
  32. Sekarang memang era fintech seiring bermunculan startup baru. Semoga data kita selalu aman ya jika terlibat dengan fintech karena risikonya gitu*

    BalasHapus
  33. Iya yq zaman sekarang berbagai macam sudah melalui aplikasi dan hal itu jadi lebih mempermudah ya.

    BalasHapus

  34. Info nya ckp lengkap mba Yessi, bikin melek dgn keberadaan fintech sekarang. Tp ngeri kl liat berita2 d tv, ttg pinjol. Kl ini sih aman ya, karna legal kan ..

    BalasHapus
  35. FinteFi memudah kan kita untuk berinvestasi dan meminjam uang

    BalasHapus
  36. Hari gini, emang kita harus mengenal fintech, karena lewat teknologi..kita bisa merasakan manfaat ekonomi secara lebih cepat dan mudah. Pas butuh, pas bisa digunakan. Tapi harus digunakan dengan bijak juga.

    BalasHapus
  37. Fintech memang jadi suatu yang populer ya, erlu pertimbangn jg sich untuk memilah yg terbaik dn sesuai

    BalasHapus
  38. Fintech memang bermanfaat banget di jaman millenial seperti sekarang ini, sesuai mengikuti jaman yang serba teknologi

    BalasHapus
  39. Finteck adakita sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) jadi aman buat para peminjam untuk mengajukan pinjaman ya ....

    BalasHapus
  40. Aku baru tau apa itu finteck, tapi kalau baca artikel ini sepertinya ngebantu UMKM yang terbentur dana

    BalasHapus
  41. Semoga APFI juga bisa berperan menjaga fintech agar memberikan bunga yang ringan kepada masyarakat

    BalasHapus
  42. Edukasi tentang fintect ini sendiri secara luas mesti tersampaikan ke masyarakat khususnya pada UKM. Enggak lebih, agar manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh semua pihak ya mba

    BalasHapus
  43. Semoga aja semakin banyak masyarakat paham perihal Fintech dengan banyaknya acara seperti ini.

    BalasHapus
  44. Pinjol ataupun fintech ini bukan termasuk katagori rentenir online ya...aku pernah lihat iklannya yang seperti pinjol ini...

    BalasHapus
  45. iya ya mba, yang penting pastiin dulu fintech nya sudah diawasi oleh OJK atau belum.. ngeri juga kan kalau ternyata perusahaan odong-odong

    BalasHapus
  46. thanks for sharing dear! Aku jd melek fintech dikit nih. hehhe

    BalasHapus
  47. Makin kesini variasi fintech makin banyak yah kak, brrti disisi yg lain para startup digital makin banyak😊 smoga smua berjaya

    BalasHapus
  48. Yang jelas sekarang aplikasi fintech harus udah terdaftar di OJK yaa. Biar ga aneh aneh dan abal abal jadinya. Semangat mengembangkan ekonomi negara :D

    BalasHapus