Kamis, 27 Agustus 2020

AWALI KEHIDUPAN DENGAN INISIASI MENYUSUI DINI



Hai Mamsi apa kabar? 

Bahagia pastinya sekarang sudah menjadi seorang ibu, karena kebanggaan seorang wanita yang telah menikah  adalah ketika bisa memberikan keturunan pada pasangannya. Begitu juga dengan saya 2 bulan setelah menikah saya dinyatakan hamil, september 2012 lahirlah anak pertama saya berjenis kelamin laki-laki melalui operasi cesar. Setelah mengalami 2x keguguran, Juli 2020 kemarin saya melahirkan lagi anak ke 4 berjenis kelamin perempuan. Rasanya lengkap sudah kebahagian saya karena sudah memiliki sepasang anak.  

Saya juga sempat merasakan IMD (lnisiasi Menyusui Dini) yaitu proses bayi menyusu segera setelah dilahirkan dengan cara bayi diletakkan di perut ibunya sesaat setelah dilahirkan dan dibiarkan mencari puting susu ibunya sendiri tidak disodorķan langsung ke puting  susu ibu. Ada kehangatan yang terasa ketika  bayi diletakan diatas perut dan mencari-cari puting susu. Karena katanya bau puting susu itu seperti bau air ketuban, jadi seolah-olah bayi merasa masih di dalam perut ibunya.

Inisiasi Menyusui Dini dapat membentuk kedekatan antara ibu dan bayi juga sangat membantu dalam keberlangsungan pemberian ASI Eksklusif dan lama menyusui. Inisiasi Menyusui Dini juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Pemerintah Indonesia mendukung kebijakan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) dan UNICEF yang merekomendasikan Inisiasi Menyusui Dini sebagai tindakan penyelamatan kehidupan, karena Inisiasi Menyusui Dini dapat menurunkan  presentasi bayi yang meninggal sebelum usia satu bulan.

SYARAT DAPAT DILAKUKANNYA IMD ADALAH :
• Dilakukan pada bayi baru lahir cukup bulan, sehat dan bayi prematur berisiko rendah yang lahir setelah kehamilan 35 minggu tanpa masalah pernapasan (stabil). Kondisi ibu juga dalam keadaan stabil yaitu ibu tanpa komplikasi kehamilan/persalinan seperti preeklampsi berat/eklampsi, anemia berat (pendarahan pasca persalinan), diabetes melitus yang tidak terkontrol, penyakit jantung, asma dan penyakit-penyakit khusus lainnya seperti penyakit autoimun dll.
• Tersedianya sarana dan prasarana penanganan untuk bayi baru lahir.
• Tersedianya tenaga medis dan paramedis terlatih.

Selain itu banyak juga manfaat yang didapat untuk ibu dan bayi dengan dilakukannya Inisiasi Menyusui Dini yaitu :

MANFAAT INISIASI MENYUSUI DINI 
● Meningkatkan jalinan kasih sayang antara ibu dan bayi
● Proses skin to skin, sentuhan kulit ibu dan bayi membuat suhu tubuh bayi menjadi lebih hangat, nafas dan detak jantung bayi menjadi lebih baik 
● Merangsang kolostrum segera keluar yaitu cairan kuning kental yang pertama kali keluar pada ASI sebanyak kira-kira satu sendok teh yang merupakan makanan paling baik untuk bayi. Kaya nutrisi dan membantu mencegah penyakit. Kolostrum juga merupakan imunisasi pertama bagi bayi.
● Meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi
● Meningkatkan kecerdasan
● Mendukung keberhasilan ASI eksklusif
Inisiasi Menyusui Dini dapat menunjang keberhasilan ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan atau lebih

Begitu pentingnya Inisiasi Menyusui Dini, tapi sayangnya tidak semua Rumah Sakit melakukannya. Padahal itu merupakan langkah awal dimulainya kehidupan sebagai kawal awal untuk selamanya.

Dulu waktu anak pertama setelah cesar banyak yang menyarankan supaya saya minum obat cina agar luka cesar saya cepat sembuh dan kering. Walaupun sedikit khawatir kalau nanti ASI saya kering seperti yang di bilang teman-teman. Dengan harga yang lumayan menguras kantong, akhirnya saya membelinya juga. Allhamdulillah ternyata ASI saya tidak kering.  Mungkin ada sebagian yang kering ada juga yang tidak tergantung kondisi masing-masing.

Untuk habis operasi sekarang ini saya tidak minum obat cina tapi saya minum vitamin ekstrak ikan gabus yang berkhasiat membantu memulihkan kesehatan pasca melahiran normal maupun cesar.

Saya juga minum  suplemen Herba ASIMOR yang membantu melancarkan ASI. Asimor ini ternyata sangat bermanfaat untuk ibu menyusui karena mengandung Daun katuk, Daun torbangun dan ikan gabus yang baik untuk kesehatan. Apalagi daun katuk dan daun torbangun yang secara turun temurun dipercaya dapat membantu memperlancar produksi ASI. Kalau waktu dulu saya menyusui ASI saya biasa aja tapi setelah minum ASIMOR ASI saya berlimpah dan baju selalu basah karena ASI yang keluar. 

Kandungan yang terdapat dalam Herba ASIMOR adalah :

DAUN KATUK 
Daun katuk mengandung nutrisi yang lengkap untuk ibu menyusui seperti, fosfor, protein, vitamin A, B, C dan K, serat, kalium, besi dan magnesium. Selain kualitas dan produksi ASI yang semakin meningkat, nutrisi yang terkandung pada daun katuk memiliki berbagai macam kelebihan yang berguna bagi ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI

MANFAAT DAUN KATUK 
● Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A yang dimiliki daun katuk memang sangat tinggi dan dapat berguna dalam menjaga kesehatan mata baik dalam masa kehamilan maupun saat masa menyusui. Dengan rajin mengonsumsi sayuran ini, bisa memberikan asupan yang baik untuk kesehatan mata si kecil.

● Meningkatkan Energi
Saat menyusui, tenaga yang di keluarkan 2 kali lebih banyak, seringkali lebih cepat lelah dibandingkan biasanya. Oleh karena itu diperlukan makanan yang membuat lebih fit, salah satunya adalah daun katuk. Kandungan zat besi yang terdapat pada daun katuk dipercaya dapat meningkatkan energi bagi ibu menyusui.

● Menguatkan Tulang
Kandungan kalsium0 yang terdapat pada daun katuk dapat menguatkan tulang serta mengurangi resiko osteoporosis pada tulang belakang. Tulang yang kokoh dan kuat juga dapat menghindarkan kelelahan.

●Mengurangi Resiko Anemia
Pada saat hamil dan menyusui, kekurangan darah sering menghampiri semua ibu. Kalau dibiarkan terlalu lama, anemia juga dapat membuat ibu kehilangan kesadaran. Untuk itu, diperlukan asupan zat besi yang cukup agar ibu dapat lebih fit.



DAUN TORBANGUN 
Daun Torbangun bagi masyarakat Batak dikenal dengan nama bangun-bangun. Secara turun temurun masyarakat Batak menggunakannya sebagai makanan tambahan untuk ibu menyusui. Karena mampu meningkatkan Air Susu Ibu (ASI) sekaligus memperkuat fisik ibu yang habis melahirkan. 
Daun ini termasuk jenis tanaman perdu (semak belukar), di masyarakat sunda dinamakan ajeran, masyarakat Jawa tengah menyebut daun kucing dan masyarakat melayu dikenal dengan nama daun dukan .

Torbangun juga mengandung minyak atsiri antara lain fenol, karvakrol, flavonoid dan glikosida. Kandungan gizi dan senyawa dari daun torbangun bermanfaat mengurangi nyeri, pembersih sàluran reproduksi, maupun penambah tenaga pada ibu pasca melahirkan. 
Torbangun juga mampu menurunkan kolestrol dan tekanan darah, bahkan khasiatnya masih terasa hingga 2 bulan  ke depan dengan produksi ASI yang tetap tinggi.

IKAN GABUS
Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Kandungan protein ikan gabus  lebih tinggi dibanding dengan ikan mas, ikan lele, ikan bandeng atau ikan sarden. 

MANFAAT IKAN GABUS 
● Pembentukan dan pertumbuhan otot 
Dengan kandungan protein yang tinggi akan menguntungkan sebab akan membantu dalam prosespemesanan otot pada tubuh.
● Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
Albumin berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Jika kondisi cairan dalam tubuh berkurang, maka protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah sehingga tidak dapat berfungsi secara normal. 
● Memperbaiki gizi buruk
Manfaat ikan gabus juga dapat memperbaiki gizi buruk yang sering di alami bayi, balita, anak-anak,atau ibu hamil. 
● Sehat untuk pencernaan
Ikan gabus mempunyai struktur daging yang lebih empuk sehingga tidak perlu mengkhawatirkan sistem pencernaan. Karena ikan gabus memiliki protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar protein yang terdapat pada daging.
● Mempercepat proses penyembuhan 
luka
Berdasarkan penelitian asam amino pada gabus serta kolagen dapat meningkatkan kekuatan dan ekastisitas kulit. kandungan glisin, asam arakidonat dan asam lemak pada ikan gabus, terbukti dapat membantù mempercepat proses penyembuhan luka. Konsumsi ikan gabus secara rutin dan teratur dapat memberikan efek anti nyeri.

Dari manfaat yang terkandung pada bahan-bahan  yang terdapat di herba ASIMOR terbukti ASIMOR mampu melancarkan produksi ASI sekaligus mempercepat proses penyembuhan pasca melahirkan.
Ayo para Mamsi jangan lupa beli herba ASIMOR supaya lancar mengASIhinya, mumpung di shopee GoApotik lagi ada  diskon 10% kalau pakai kode GOAPMOMS. 

Selamat mengASIhi



6 komentar:

  1. wah ... berkat Suplemen Herba ASIMOR, ASI kakak berlimpah ruah sampe baju basah ya ... saking banyaknya ASI

    BalasHapus
  2. Selamat mengASIhi mbak semoga dedeknya sehat selalu dan menjadi anak sholeha... Aamiin YRA

    BalasHapus
  3. ASI memang sangat penting untuk 1000 hari pertama si anak, karna itu perlu dapat asupan tambahan untuk memperlancar ASI dan selain itu ASI juga berkualitas untuk si anak.

    BalasHapus